Resensi : Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

     Hama tanaman .....
Hama, kata yang tidak asing bagi kita, terutama bagi petani dan pecinta tanaman. Karena itu yang membuat kerusakan pada tanaman. Sedangkan pengertiannya sendiri adalah kumpulan makluk hidup yang dapat menyebabkan kerusakan pada sustu tanaman dan secara ekonomik merugikan manusia umumnya dapat di lihat dengan mata biasa. Tanaman banyak di serang oleh beberapa jenis serangan hama, diantaranya ialah ulat penggerek, ulat tanah, kutu daun, belalang dan lain sebagainya.
     Organisme yang berpotensi menjadi hama yaitu : nematoda, siput, acarina, serangga, burung dan mamali. Nematoda merupakan hama tanaman padi, kepik dapat merusak buah padi dan kedela, burung menjadi hama buah padi enjelang panen, tikus menjadi hama pada persemaian, masa vegetatif dan generatif, masa panen hingga penyimpanannya, lalat melanogromyza sojae merupakan hama kedelai, walang sangit menyerang buah padi yang matang susu hingga buah menjadi hampa, anjing tanah merusak tanaman tembakau, kentang dan tebu.
     Penyakit tanaman .....
Penyakit adalah makluk hidup yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman dan umumnya tidak dapat dilihat dengan mata biasa tetapi dengan bantuan mikroskop. Penyakit tumbuhan yang selalu bertambah disebabkan oleh serangan jamur, bakteri dan virus. Ada hubungan yang sangat mendalam antara penyakit dan tumbuhan inangnya. Virus tumbuhan hanya memperbanyak diri di dalam sel-sel inang dan dapat menimbulkan penyakit, contohnya Tulip breaking virus yang dapat menyebabkan pematahan warna pada bunga tulip. Jamur atau cendawan menyerupai tumbuhantingkat tinggi, karena mempunyai dinding sel, tidak bergerak, berkembang biak dengan spora tetapi tidak mempunyai klorofil. Cendawan merugikan tanaman dalam hal pengangkutan zat cair dan garam mineral, mengganggu proses fotosintesis, serta mengganggu proses pengangkutan hasil fotosintesis. Cedawan dapat merusak akar, batang, daun, buah, dan bunga, serta hasi; tanaman di tempat penyimpanan, contoh penyakit rebah kecambah yang menyerang tebu, tembakau, dan pepaya.Bakteri peyakit tanaman yang menyebabkan busuk pada aka, batang, daun dan buahdengan mengeluarkan enzim penyebab pembusuk.Dan bakteri juga bisa mngeluarkan racunyang b isa menyebabkan tanaman layu, contoh penyakit bercak  daun yang disebabkan Bacterium robici yang menyerang tanaman ubi kayu.
     Cara Pengendaliannya......
Untuk mengatasi masalah hama dan penyakit pada tanaman telah dikembangkan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dan mencakup komoditi yang luas. Dengan konsep ini, hama dan penyakit di kendalukan berdasarkan pada prinsip ekologi ekonomis sehingga dapat memperkecil risiko pencemaran lingkungan dan meningkatkan produksi serta serangan hama dan penyakit dapat di tekan. Terkait dengan hal di atas, International Nature Farming Research Center (INFRC) didirikan untuk mengembangkan sistem pertanian dengan memanfaatkan bantuan mikroorganisme tanah yang efektif yang ditemikan dalam bentuk 8 jenis speciaes dari 10 genus mikroorganisme, yang di beri nama "Effective Microorganism" (EM)  

0 komentar:

Posting Komentar